Dandim 0309/Solok: Ciptakan RAK Juang yang Tangguh Dengan Kemanunggalan TNI dan Rakyat

Dandim 0309/Solok: Ciptakan RAK Juang yang Tangguh Dengan Kemanunggalan TNI dan Rakyat

SOLOK -  Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-112 di wilayah Kodim 0309/Solok telah memasuki minggu kedua pasca dibuka Rabu lalu (15/9). Tersisa waktu kurang lebih tiga minggu, untuk menuntaskan sisa pekerjaan yang menjadi sasaran TMMD, yang direncanakan hingga 14 Oktober mendatang.

Adapun untuk pelaksanaan tahun ini, dari tiga Kabupaten Kota yang mencakup wilayah teritotialnya, yakni Kota Solok, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Solok Selatan, terpilih sebagai daerah sasaran Kabupaten Solok tepatnya dua nagari di Kecamatan X Koto Singkatak, Nagari Koto Sani dan Tanjung Alai.

Diungkapkan Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo, S.Sos, M.I.Pol, Kamis sore, 23 September 2021, ada dua jenis target sasaran dalam pelaksanaan TMMD yaitu sasaran fisik dan non fisik. Untuk mewujudkannya, dikerahkan anggota TNI sebanyak 111 orang yang dibantu Polri 22 orang, Pemerintah Daerah 17 orang, serta masyarakat sekitar sebanyak 50 orang. Selain itu, diterjunkan alat bantu berupa satu unit Excavator dan dua unit Truk

Akan tetapi, pencapaian realisasi sasaran target TMMD ini hakekatnya bukan semata menuntaskan pekerjaan pembangunan fisik dalam peningkatan infrastruktur maupun non fisik berupa pelaksanaan penyuluhan-penyuluhan semata, namun banyak nilai-nilai yang dicetus dari pelaksanaannya dengan mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat

"Lebih penting dari itu, pelaksanaan TMMD ini harus dimanfaatkan sebagai ajang meningkatkan kepedulian terhadap nagari, menghidupkan kembali azas gotong royong dan rasa kebersamaan di tengah-tengah masyarakat serta memperkuat tali silaturahmi, seayun selangkah aparat bersama masyarakat untuk mewujudkan pembangunan, menjaga negeri, serta meningkatkan RAK juang yang tangguh dengan kemanunggalan TNI dan Rakyat, ".ujar Dandim.

Terkait pencapaian sasaran fisik TMMD, diterangkan Dandim sekaligus selaku Dansatgas TMMD, untuk Nagari Koto Sani meliputi peningkatan Jalan Aia Angek ke Ikua Danau sepanjang 252 meter, pengerjaannya telah mencapai 27 persen, pengerjaan Irigasi Banda Karang sepanjang 136 meter yang telah terealisasi sekitar 16 persen. Selanjutnya, Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 3 unit, diantaranya rumah milik Alidus dengan capaian realisasi 64 persen, rumah milik Murni 64 persen dan rumah milik Lismawarni dengan capaian realisasi kurang lebih 70 persen. Selain itu, rehaban Lapangan Sepak Bola dengan realisasi mencapai 32 persen

Untuk target sasaran di Nagari Tanjung Alai, Pembukaan Jalan Usaha Tani Panjang 1.127, 8 meter dengan lebar 5 meter telah teerlaksana sekitar 78 persen. rehab Rumah Tidak Layak Huni 2 unit yakni rumah milik Hendrianto dan pardi yang masing-masing telah tercapai realisasinya 70 persen.

Selain itu, dalam pelaksanaan TMMD ini, juga memiliki target sasaran non fisik yang tujuannya untuk peningkatan SDM masyarakat dengan peningkatan wawasan di berbagai bidang, penunjang sektor kesehatan, memberikan kemudahan pelayanan dan peningkatan ekonomi kerakyatan.

Dijelaskan Dandim, untuk capaian sasaran non fisik meliputi penyuluhan pertanian sebanyak 4 kali dan sudah terlaksana 3 kali. Selain itu, penyuluhan KB Kes dan pemutaran film KB, senam massal dan sosialisasi  terhadap pemuda nagari, sosialisasi kelompok perikanan, sosialisasi rumah pangan lestari, sosialisasi pemanfaatan TI aplikasi Smart Nagari, sosialisasi pemanfaatan limbah, sosialisasi pengolahan sampah menjadi pupuk kompos dan organik, pelayanan mobil keliling ketenagakerjaan, pelayanan KK dan penerbitan KTP, pelayanan akte kelahiran dan surat pindah/datang, dan sosialisasi aplikasi Siparas telah tercapai pelaksanaannya.

"Sisanya yang belum terlaksana, tambah Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno, penyuluhan peternakan, penyuluhan kerukunan beragama, penyuluhan kesadaran bela negara, penyuluhan bencana alam, penyuluhan narkoba, penyuluhan KPM program keluarga harapan, serta penyuluhan kesehatan meliputi sosialisasi stunting, sosialisasi posyandu, dan sosialisasi Posbindu PTM (Penyakit tidak menular), ” terang Letkol Arm Reno.  (Amel)

Solok Sumbar
Amelia Rizky

Amelia Rizky

Previous Article

Ketua Persit Dim 0309/Solok Hadiri Sosialsasi...

Next Article

Melalui TMMD, Kebersamaan TNI dan Masyarakat...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Amelia Rizky

Amelia Rizky

Postingan Bulan ini: 72

Postingan Tahun ini: 181

Registered: Aug 7, 2021

Alamsyah putra

Alamsyah putra

Postingan Bulan ini: 8

Postingan Tahun ini: 8

Registered: Sep 14, 2021

Iswan Jaya, SE

Iswan Jaya, SE

Postingan Bulan ini: 4

Postingan Tahun ini: 4

Registered: Sep 15, 2021

Aspirasi Warga Barru

Aspirasi Warga Barru

Postingan Bulan ini: 4

Postingan Tahun ini: 4

Registered: Sep 23, 2021

Profle

Narsono Son verified

Ajukan Surat Keberatan, Sutrisno: Pemegang STSB Bisa Lolos Verifikasi
Warga Berharap Kepada Pihak Kepolisian Tutup Markas Judi
Markas Judi Tembak Ikan Beroperasi di Padat Penduduk
H. Abdullah Hidayat Pimpin Apel Gelar Pasukan Antisipasi Curah Hujan Tinggi Akibat Badai La Nina Di Kabupaten Sampang

Follow Us

Recommended Posts

Setelah Sebulan Mendharma Bhaktikan Diri di Sasaran TMMD, Personil Satgas Ke Kesatuan Masing-Masing
Ditandai Pemukulan Gong Oleh Kasrem, TMMD Kodim 0309/Solok Resmi Ditutup
Satgas TMMD Kodim Solok Tuntaskan Plengsengan Irigasi
Pengerjaan Lapangan Sepak Bola Nagari Koto Sani Diburukan Satgas TMMD
Penyuluhan Stunting dan Pos Bindu, Sasaran Non Fisik TMMD Rampung 100 Persen